Melihat Lebih Dekat Mitos 'Sanghiang Tikoro'

Sanghiang Tikoro




Beberapa tahun terakhir iklim dunia sedang mengalami perubahan yang diakibatkan oleh pemanasan global. Khusus di Indonesia musim hujan dan kemarau tidak dapat dipastikan datangnya.  Terik matahari tidak membuat perjalanan terhenti begitu saja, melakukan perjalanan ke sebuah tempat yang kuat akan cerita legenda dan mitos masyarakat Sunda yaitu kawasan wisata Sanghiang Tikoro 15 Km dari Padalarang kearah Cianjur tepatnya di daerah Raja Mandala.

Sejarah Menurut Cerita Lisan/Foklor

Aliran Sungai Citarum

Cerita lisan turun temurun melekat di setiap orang Sunda dan menjadi kepercayaan sampai saat ini, Sanghiang Tikoro merupakan Legenda Sangkuriang yang dikaitkan dengan terciptanya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, dan Bukit Tunggul. Legenda tersebut menceritakan Cinta terlarang seorang Anak yang mencintai Ibu kandungnya sendiri bernama Dayang Sumbi. Menurut kepercayaan masayarakat Sunda bila mulut gua tersumbat maka Kota Bandung akan menjadi danau

Sanghiang Tikoro

Mulut Gua Sanghiang Tikoro

Sanghiang Tikoro adalah aliran sungai Citarum, Aliran air tersebut masuk kedalam mulut Gua dengan panjang 7-10 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter. Di perkirakan panjang aliran mencapai 167 meter. Aliran sungai cirtarum terbagi menjadi dua, aliran pertman menuju Raja Mandala dan yang kedua menuju mulut Gua Sanghiang Tikoro.

Menara Peringatan

Kawasan tersebut berdekatan dengan perusahan PLTA. Ada sebuah menara peringat yang dibuat oleh PLTA untuk mengetahui debit air sungai. Menara tersebut akan berbunyi bila debit air sungai Citarum mengalami kenaikan setinggi 2 M.

Pemandian Air Panas

Hanya membutuhkan waktu 10 menit akan sampai ke tempat pemandian air panas, dengan membayar Rp. 2.000,- bisa menikmati panasnya air alami yang dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit. Pemandian tersebut berbentuk kamar digunakan bersaman dengan masyarakat setempat. Adapun kamar disediakan khusus untuk wisatawan dengan biaya tambahan Rp. 5.000,-

Arung Jeram

Rute Arung Jeram



Buat yang menyukai olah raga arung jeram, tidak jauh dari kawasan wisata Sanghiang Tikoro terdapat aliran sungai citarum yang digunakan sebagai rute pengarungan. Dari start sampai Finis di jembatan lama Raja Mandala pengarungan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam.



source  : fairyandfunny

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit
Tags :

0 Responses to “Melihat Lebih Dekat Mitos 'Sanghiang Tikoro'”

Post a Comment

Subscribe

Copyright © 2015 Media Pangkalan All rights reserved.